Usulan: Penggalangan Dana Kemanusiaan (Raihan)

Raihan, salah satu user Yahoo! ID Answers memberikan usulannya yang saya anggap menarik. Ini saya ambil usulan Raihan yang ia post di blog threat sebelumnya.

——————————————————————

Ini saya menindak lanjuti saudara Roberth m dalam tanggapannya pada “potret dari kampung”, yang punya ide agar Y!A indonesia memfasilitasi sebuah penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan terutama bencana alam melihat komunitas Y!A yang jelas banyak, dan saya merasa bahwa komunitas ini potensial, tidak ada salahnya Y!A Indonesia memberikan kontribusi yang lebih berarti lagi.

Memfasilitasi Penggalangan Dana untuk bantuan kemanusiaan, memang agak sulit membayangkan mekanismenya, tapi saya coba urai singkat disini, barangkali kawan2 lain ada ide lain yg lebih bagus, bisa menimpali.

Y!A indonesia sebagai fasilitator, dengan mengirim mail otomatis kepada setiap anggota Y!A Indonesia mengenai himbauan bantuan kemanusiaan, dengan mencantumkan No Rekening khusus milik Y!A Indonesia. Agar tidak terjadi penyalahgunaan no rekening(rekening palsu), moderator mencantumkan no. rekening di halaman depan Y!A indonesia (dalam banner) sebagai konfirmasi dan pemberitahuan no rekening yang sebenarnya. Untuk transparansi,Y!A Indonesia bisa membuat laporan online ttg perolehan dan pendistibusianya.

Seperti itu bayangan saya mengenai mekanismenya. Barangkali ada kawan2 yg mempunyai ide lain yg lebih baik,silahkan menambahkan..

Salam,
Raihan

——————————————————————

Silahkan gimana pendapatnya?

salam hangat,
Gizmo

If you enjoyed this post, make sure you subscribe to my RSS feed!

Comments (74)

Add a comment
  1. Saya setuju asal dananya tidak disalahgunakan.

    Comment posted on January 7th, 2008 at 8:30 pm by snoopy in action
  2. Saya sangat setuju, tapi mekanismenya bagaimana apakah melalui rek. bank atau bagaimana ?

    Comment posted on January 7th, 2008 at 8:47 pm by goes_de
  3. Sangat setuju……
    Usul yang sangat bagus…..
    Masalah mekanisme pemberian bantuannya gmana-gmana, nanti aja di bahas….
    Yang penting sekarang kumpulin aja dulu dananya….
    Bung Gizmo… dapet tugas berat tapi mulia neh….
    Atur ya…!!!

    Comment posted on January 7th, 2008 at 10:27 pm by Cholied
  4. Sangat setuju…..
    Usul yang sangat bagus…..
    Memang, seribut2nya Y!A (A&K)… solidaritas harus tetap ada.
    Masalah gman2 mekanisme pemberian bantuan, nanti aja di bahasnya….
    Yang penting kumpulin aja dulu dananya….
    Bung Gizm, dapet tugas mulia namun sedikit berat neh…
    Di atur ya Bung….

    Comment posted on January 7th, 2008 at 10:32 pm by Cholied
  5. Wah…boleh jg,tu!
    Bgs bgt…ntar bantuan untuk daerah mana bs dbantu distribusinya sm anggota Y!A yg ad di daerah ituw…
    Semoga rencana ini ada tindak lanjutnya,ya?amin!

    Comment posted on January 7th, 2008 at 10:50 pm by Nidya Judhi A
  6. Usul saya, supaya Y!A jangan ikut menentukan distribusi. Mengumpulkan dana itu boleh (dan mudah), namun distribusi harus tahu kondisi global sehingga tidak terfokus kepada satu daerah saja. Misalnya, daerah A dirasa lebih memerlukan dari B sehingga wajar kalau ingin membantu daerah A daripada B. Namun kalau 10 badan bantuan melakukan hal yang sama, nantinya daerah A menjadi jauh lebih berlimpah daripada B.
    Kemudian, kalau distribusi dilewatkan melalui anggota Y!A di daerah, bagaimana nasib daerah yang tidak ada anggota Y!A nya? Juga, dengan semakin banyak ‘tangan’, kemungkinan dana bantuan tidak utuh dlsb menjadi makin besar dan makin tidak transparan.
    Jadi, daripada kerepotan mencari cara distribusi, sebaiknya Y!A memilih satu partner Yayasan yang memang ahli dan sudah memiliki jalur distribusi jelas. Yayasan mana yang paling cocok? Keputusan ini bisa dilemparkan kembali ke komunitas Y!A untuk dirembuk dan dipilih bersama-sama.

    Comment posted on January 7th, 2008 at 11:22 pm by Nr
  7. KALO BISA DANA YANG DIDAPAT DIKETAHUI OLEH KALAYAK ORANG BANYAK SEHINGGA TIDAK TERJADI KORUPSI MASALAH DANA TERSEBUT.

    Comment posted on January 7th, 2008 at 11:38 pm by ketut ready
  8. SETUJU! tapi yang transparan sehingga kita tidak merasa terbohongi.

    Comment posted on January 8th, 2008 at 12:35 am by A Yahoo! User
  9. kapan kita mulai ???

    Comment posted on January 8th, 2008 at 1:02 am by A Yahoo! User
  10. Boleh.
    Tapi, menurut Gizmo sendiri mekanisme yang ideal itu seperti apa?

    Comment posted on January 8th, 2008 at 3:20 am by Mr. Cash
  11. setuju,, tapi harus transparan dan dananya jgn sampai disalahgunakan

    Comment posted on January 8th, 2008 at 5:36 am by A Yahoo! User
  12. 1. andai saja gizmo udah punya “database system” yg bisa nunjukin mana kontributor terbanyak point-nya, mana yg paling banyak “kontribusi”nya bagi problem solving, mana yg lalu bisa dinominasikan sebagai calon korda (maksud saya koordinator daerah) atau apapun sebutannya, saya kira akan sangat membantu, terutama menghadapi keperluan seperti ini.
    2. benar, memang tidak ada jaminan data profil anggota dibuat sebenarnya, tapi jika dari kualitas kontribusi bisa dikatagorisasi, saya kira, jika sudah ditemukan “the man”-nya, persoalan identitas real bisa dibicarakan, dinegosiasikan dg yg bersangkutan.
    3. bagi yg menutup jalus komunikasi, IM, e-mail, dsb, gizmo kan yg paling bisa menembusnya. jika secara kualitas gizmo percaya, dan memilih kandidat tersebut, gizmo bisa kirimkan pesan untuk itu..

    ok giz, selamat cari cara yg terbaik, sereelativ apapun. minimal terbaik bagi kondisi dan situasi sekarang ini… saya mendukung…

    Comment posted on January 8th, 2008 at 8:27 am by A Yahoo! User
  13. amin gua ikut..kasi tau ajah britanya..
    caooo..salut..

    Comment posted on January 8th, 2008 at 8:46 am by A Yahoo! User
  14. Thanks ya GIZMO…untuk tanggapannya…sebenarnya nggak susah untuk mengkoordinir hal-hal seperti ini. Pertama,
    Buatlah Links dan site khusus untuk itu dan kerja sama dengan salah satu Bank….agar setiap partisipan tiap waktu dapat mengakses dan tau apakah bantuannya udah nyampe dan di pergunakan/dipakai untuk bantu siapa? dan dimana…Mas GIZMO juga mesti siap dengan team itu..bisa saja temen2 yang selalu on di Y!A. Aku yakin kalu itu di buat…dan arah serta tujuannya sampai…teman-teman akan terus mendukung…yang penting buat wadahnya dulu deehhh…..meskipun saat ini aku sedang di USA…aku mendaftar jadi partisipan/anggota….

    Comment posted on January 8th, 2008 at 10:51 am by roberth m
  15. Halo,

    Memang walaupun usulan ini bagus, hanya saja banyak masalah yang mesti kita bicarakan jika kita ingin mewujudkannya, terutama yang menyangkut pada pengelolaan dana yang akan terkumpul nanti.

    Masalah lain kalau ditinjau dari pihak kami, adalah bagaimana caranya mengkaitkan fungsionalitas dari Yahoo! ID Answers sendiri dengan kegiatan penggalangan dana ini. Seperti kita ketahui bersama Yahoo! ID Answers ini punya fungsi untuk berbagi pengetahuan dengan metode Tanya-Jawab (bukan media diskusi/ngobrol seperti di IRC ataupun Forum/BBS pada umumnya). Ada beberapa option yang nanti bisa saya angkat dan diskusikan bersama disini untuk menjembatani event penggalangan dana ini dengan fungsi Y! ID Answers.

    Usulan yang paling mendasar menurut saya, ya yang saya singgung diatas, yaitu pengelolaan dana. Untuk hal ini mungkin ada baiknya kita Y! ID Answers Community menjalin kerja sama dengan salah satu organisasi yang sudah dikenal biasa melakukan hal ini dan juga dikenal luas oleh masyarakat, sehingga at least untuk urusan pendistribusian dana dan feedbacknya bisa terorganisir dengan baik. Gimana menurut teman2 disini? Ada yang kerja di organisasi-organisasi sejenis barangkali?

    salam hangat,
    Gizmo

    Comment posted on January 8th, 2008 at 6:36 pm by Yahoo! Indonesia Answers
  16. BAGUS banget,
    KaLi aja ada DANA Lebih, dapat disalurin deh.

    Comment posted on January 8th, 2008 at 6:54 pm by A Yahoo! User
  17. Setuju banget!
    Salah satu organisasi yang cukup baik adalah Wahana Visi Indonesia. Mungkin kita bisa salurkan ke sana.

    Comment posted on January 8th, 2008 at 7:18 pm by Arief W
  18. Halo Arief…
    Boleh tahu dimana kita bisa dapat informasi lebih jauh mengenai Wahana Visi Indonesia ini?

    Buat temen2 lain ada usulan organisasi yang bisa kita ajak partneran?

    salam hangat,
    Gizmo

    Comment posted on January 8th, 2008 at 8:02 pm by Yahoo! Indonesia Answers
  19. om gizmo..
    selama ini, kami memakai rumah zakat. dan bisa di pertangungjawabkan. hanya usul..silahkan om gizmo pertimbangkan…….

    Comment posted on January 8th, 2008 at 10:52 pm by KhamShe
  20. Klu sumbang, uangnya pada sampe tidak y?
    hehehe…. ^<

    Comment posted on January 9th, 2008 at 4:48 am by kelvahn
  21. Salam Teman2.
    Terimakasih atas respon dari Bung Gismo dan rekan2 komunitas Y!A.
    saya ada saran mengenai distribusinya.bagaimana kalo di Dompet Duafa?( http://www.dompetdhuafa.org ) mereka telah lama ada dan jelas arah dan statusnya.khusus dana saluran dari Y!A, kita amanatkan kepada dompet duafa untuk menyalurkan ke daerah2 tertentu yang tertimpa musibah..

    Comment posted on January 9th, 2008 at 7:06 am by raihan
  22. bung Gizmo usulnya ini sangat baik sekali..tetapi bagaimanapun jangan lupakan untuk semua bantuan itu di wakili dengan satu nama aja yaitu Yahoo Answer Indonesia,paling tidak nama bung GIZMO SEBAGAI perwakilan kita kita para users.yah a/n nama yAhoo IND atau nama Bung Gizmo

    Comment posted on January 9th, 2008 at 9:57 pm by Charlene. W
  23. Yup mana no rek. nya, tapi beneran lho harus transparant!! kita2 gak mau dibohongi kaya pemerintah sekarang!! jangan dikorupsi yah ntar masuk neraka lho!!

    Comment posted on January 10th, 2008 at 12:20 am by Dinie R
  24. Usul yg bagus,setuju dgn usulan Charl..bantuan itu diwakili dgn satu nama saja,yahoo indonesia,trus kalo ada yg mo jadi volunteer tuk pendistribusian nya boleh mengajukan diri(saya juga mau koq)khan bisa jadi ajang pertemuan buat para YA juga.Dan saya usulkan bung gizmo saja yg kelola,gimana? Pokoknya semua harus transparant.

    Comment posted on January 10th, 2008 at 1:27 am by SUPERMOM
  25. hyaa~ keren..
    Tapi om Gizmo, pertanggungjawabanny gimana?
    Soalny kan ngumpulin dana dari users Y!A, jd gak boleh semena-mena!!
    Kita (yg nyumbang) harus tau dana yg dkumpulkan tu mengalir kemana..
    Sekurang-kurang haruz ada laporan rutin hasil penggalangan dana kemanusiaan

    Comment posted on January 10th, 2008 at 1:32 am by A Yahoo! User
  26. setujuuu banget.
    untuk masalah pendistribusian dana bisa diomongin sambil jalan, tapi menurut aku yang saat ini bisa dibahas langsung adalah bikin “camp” di beberapa kota besar di Indonesia, mungkin kalo di kota2 besar banyak anak2 Y!A jadi lebih gampang koordinasinya (di jogja harus ada).

    Gimana kalo untuk permulaan kita coba yang ngga pake dana terlalu banyak dulu, misalnya donor darah atau bakti sosial, ntar kalo ini udah jalan aku yakin penggalangan dana bakal lebh mudah dilakukan karena udah keliatan kalo kita punya kegiatan yang diorganisir dengan baek.

    ditunggu kelanjutannya.

    Comment posted on January 10th, 2008 at 4:31 pm by uzik t
  27. Menurut saya cukup menyediakan daftar organisasi yang bisa dipercaya untuk menyalurkan bantuan berdasarkan daerah bencana yang ingin dibantu. Tak perlu menggalang dana sendiri atas nama yahoo answer, kita membantu secara ikhlas kan? :)

    Btw, kalo ide “gila” jangan nanggung, gimana kalau kita galang dana untuk bikin sekolah aja, itu investasi yang lebih baik untuk masa depan Indonesia.

    Sekolah sekarang kan pada kurang bener tuh kurikulumnya, kita bikin yang komputernya ga pake program bajakan (tidak mengajari jadi maling), yang cara ngajarnya ga bikin anak jadi mesin penghapal aja, yang menghasilkan manusia berbudi pekerti dan tidak fanatik sama agama.

    Kalau bikin sekolah fisik masih terlalu rumit, sekolah online dulu barangkali?

    Comment posted on January 10th, 2008 at 5:03 pm by A Yahoo! User
  28. saya setuju, asal dananya tak di salah gunakan, dan ada laporan.

    Salah satu masalah lagi adalah, mengirimkan bantuan kemanusiaan kan juga butuh biaya, administrasi, ongkos kirim, transportasi dll… Maka perlunya ada transparansi dalam penggunaan sumbangan untuk hal-hal seperti itu.

    dan juga diperlukan tersedianya link-link lembaga kemanusiaan

    Comment posted on January 11th, 2008 at 3:52 am by A Yahoo! User
  29. kalo menurut saya asal semunya transparan dan dapat dipertanggungjawabkan its ok.

    dibuat tim untuk menjalankan dan tim untuk mengaudit laporan tersebut.

    sebenarnya gampang sih, buat rekening dengan nama 2 orang / lebih sehingga jika ingin dicairkan harus melalui persetujuan dulu, uang tang terkumpul nanti dapat disalurkan kepada pihak2 yang membutuhkan.

    ato sekalian pas gathering aja, dimana kita berkumpul, kumpulin uang trus kita beli barang n kita kasi rame-rame deh kepada yang membutuhkan.

    memang dalam hal ini Y!A terbatas hanya pada pertanyaan dan jawaban, tapi disisi lain, Y1A sebagai komunitas :)

    salam hangat

    chandra

    Comment posted on January 11th, 2008 at 9:25 pm by A Yahoo! User
  30. setuju banget,
    bgus bagnet tuh idenya

    kapan kita mulai???

    Comment posted on January 12th, 2008 at 1:35 pm by A Yahoo! User
  31. tidak setuju
    bagaimana mengkoordinir semua data dan mengurusi segudang volunter tak jelas
    pastinya
    berikan dulu detail yang harus dikerjakan
    kumpulkan volunternya
    barulah penggalangan dana bisa dimulai
    so
    jangan lupa berita acara
    trus
    banyak masalah yang bakal timbul
    kita ada di maya
    dan
    aku harus minta kerangkanya dahulu
    baru bisa disetujui

    Comment posted on January 12th, 2008 at 10:17 pm by Arch222
  32. Halo…..
    Nah dari sekian banyak komen dan masukkan, ada masukkan menarik dari Arch222, dan untuk alasan tersebutlah salah satunya maka saya pikir akan lebih baik kalau kita berpartner dengan lembaga2 yang memang sudah berpengalaman dalam hal pengumpulan dana ini.

    salam,
    Gizmo

    Comment posted on January 13th, 2008 at 6:00 pm by Yahoo! Indonesia Answers
  33. Giz……Mooooo….pada hakekatnya temen-temen setuju…asal dengan tranparansi, kerangka yang jelas dan kerjasama dengan NGO atau LSM yang memang bergerak dibidang Sosial, Kan banyak yang sudah kita tahu kiprahnya di Indonesia. Seperti, MUSLIM AID, YTBI, Bulan Sabit Merah, Mereka ini sepengetahuan saya, sangat konseren terhadap bantuan dan pertolongan kepada korban-korban bencana di Indonesia. Mereka punya jaringan/links, dan sangat berpengalaman….saya yakin banyak teman-teman di Y!A anggota NGO/LSM yang sifatnya Tanggap Bencana…tapi lagi malu-malu untuk tampil….saya misalnya, adalah anggota International Red Cross (IRC) yang dulu terjun langsung di ACEH paskah Tsunami 26 Desember 2004….tapi skarang lagi study di Pennsylvania…ayo dong teman-teman Tanggap Bencana….bicaralah….oh ya bagus kalau namanya “Indonesian Y!A Social Group-IYAP”….kedua-Giz…Mo….pasti juga punya jaringan ke teman-teman di NGO/LSM Tanggap Bencana…jangan bohong….gue jithaak pele lho…..Thanks!

    Comment posted on January 14th, 2008 at 11:09 am by roberth m
  34. Awalnya terbayang sebuah konsep yang tidak rumit-rumit amat dalam mewujudkan “wadah Penggalangan
    Dana” ini.
    Ada satu forum tanya jwab dimana ada banyak member yang walaupun didunia maya ( Yahoo Answer
    Indonesia), jelas bisa dituju (dengan data mail yang di miliki sistemnya) untuk mengetuk nuraninya guna membantu bangsa indonesia yang tengah dilanda berbagai bencana, memalui mail otomatis ke setiap member Yahoo Answers Indonesia, sehingga tidak perlu teriak2 dalam menarik simpati.

    Keduanya, melalui Yahoo Indonesia yang jelas diakses oleh berjuta2 orang diindonesia setiap harinya, Yahoo Answers Indonesia bisa mempublikasikan Penggalangan Dana Kemanusian akan memudahkan dalam mensosialisasi program Penggalangan Dana Kemanusiaan ini.

    Konsep berikutnya adalah mengenai model pengumpulan.
    Untuk langkah awal agar bisa segera ter realisasi, biarlah pengelola Yahoo Answer Indonesia ditunjuk untuk membuat dan memegang satu nomor rekening.nomor rekening ini di umumkan (dipasang) di halaman utama (banner)Yahoo Answer untuk bisa dengan mudah diketahui halayak.dan untuk menghindari nomor rekening palsu.jadi idealnya HANYA SATU nomor rekening yang di gunakan.
    sebelumnya, pengelola menyiapkan sistem online untuk menampung data dana yang masuk. di sisitem itu nantinya,akan dimuat jumlah dana terkirim per rekening( ke pusat pengumpulan )dengan menampilkanya di kolom pengirim dan mencantumkan rekening asal pengirim.jadi pengirim akan mudah
    mengontrol/mengetahui dana yang disetor sudah masuk, dengan melihat di data online.
    Perlu juga pengelola membuat mail otomatis (tentunya bagi Yahoo hal ini tidak sulit) yang memberitahukan dana telah masuk dan telah diterima silahkan mengecek di data online. Ini digunanakan untuk (selain pemberitahuan ) juga agar nanti disaat diperlukan data yg telah dimuat, bisa dihapus dari tampilan bila database yang ada terbatas kuota penyimpananya (ini bila diperlukan).

    Pendistribusian.
    Untuk langkah awal, pengelola bisa menunjuk Lembaga Penyalur Dana yang ada di Indonesia sebagai
    distributornya.Tampilkan juga nama-nama lembaga lembaga yang di tunjuk dalam laporan online.nominal dana yang didistribusikan, nama lembaga penerima, sekalian Yahoo Answer meminta kepada lembaga tersebut untuk menyalurkanya ke daerah tertentu yang ditunjuk.(sebelumnya Y!A melakukan votting kemana dana musti di kirim)

    Dengan ini Y!A tidak perlu membentuk jaringan distribusi karena sudah ada lembaga yang
    melaksanakanya.Kalaupun diperlukan, Y!A hanya meminta kepada anggota Y!A di daerah dimaksud (daerah bencana)untuk ikut memantau pendistribusianya.lalu melaporkan secara visual (foto) maupun laporan data.(saya kira Y!A mempunyai anggota disetiap daerah diindonesia-minimial dikota kabupaten).
    Dimulai dari sebuah niat.
    Agar hidup menjadi lebih bermanfaat bagi sesama.
    Semua kendala akan bisa diatasi.
    Ini hanya kendala sistem dimana banyak tenaga dan pikiran yang mau peduli.
    Mari kawan..kita berbuat sesuatu untuk negri.
    salam sejahtera.
    salam kemanusiaan

    Comment posted on January 14th, 2008 at 4:26 pm by raihan
  35. kerjasma dg lmbaga lain, saya tidak setuju. bukan persoalan nama dan popularitas, tapi ini juga mnyangkut urusan spirit dan mlatih rasa. saya kira teman-teman aktivis Y!A tidak akan keberatan untuk terlibat aktif. menggandeng pihak lain itu beelum apa-apa sudah bikin ribut. misalnya, ada yg ingin dengan lembaga A, B, dan seterusnya.
    blum lagi, prsoalan afiliasi lembaga kandidat ini. wuhhh.. pasti bikin sebel denger perdebatannya. bukannya beres malah bisa nambah masalah nanti.
    meskipun dmikian, jika pun TERPAKSA harus bkerjasama dngan lembaga lain, saya menganjurkan untuk memilih lembaga yg afilis\asinya amat kental berkaitan dengan idiolagi agama, parpol, ormas, dsb.
    Gizmo tidak peerlu ragu dan kawatir kekurangan voluntir, juga jangan takut tidak bisa mengontrol mereka meskipun datang berbondong-bondong. bikin mkanisme dan sistemnya dulu, tapi jangan terlalu detail dan trlalu rumit, nga manju-maju nanti.
    ok mo, saya teetap mendukung…

    Comment posted on January 14th, 2008 at 10:31 pm by A Yahoo! User
  36. Baik setuju. Tapi tolong juga ada penggalangan untuk anak berbakat, ya sekolah, ya kursus, ya atlit, dll. Kalau aku lihat masih banyak anak indonesia yang sangat berbakat tapi tidak cukup uang untuk membina bakatnya.

    Comment posted on January 15th, 2008 at 3:30 am by Ari M
  37. wah saya ketinggalan datang nih
    setuju saya apa juga..memdukung ….tapi mengenai nama saya usulkan pake Yahoo Indonesia yah..atau atas bung Gizmo juga boleh

    Comment posted on January 15th, 2008 at 5:19 am by A Yahoo! User
  38. GIZMO….Usul RAIHAN patut di pertimbangkan…kalau udah oke kasih tahu ya….MO…agus W manggilnya Mo….

    Comment posted on January 15th, 2008 at 6:32 am by roberth m
  39. Saya setuju tetapi saya masih tidak yakin dalam pelaksanaannya apakah betul akan tersalurkan seperti apa yang kita pikirkan. Kalau saya pahami sampai saat ini metodenya semua masih bisa dimanipulasi.
    Coba bayangkan, kita keluar dana untuk orang yang membutuhkan lalu dana itu tak sampai kepada mereka. Akhirnya kesalahan itu menunjuk kepada kita dan bukan orang yang mencuri dana tersebut. Jadi menurut saya harus ada cara yang lebih akurat dan tidak adanya manipulasi laporan.
    Jujur, kalau metodenya masih bisa dimanipulasi maka saya akan memilih memberikan sendiri uang saya buat orang yang membutuhkan.

    Comment posted on January 16th, 2008 at 8:07 pm by A Yahoo! User
  40. Dear Gizmo,
    Mendengar memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan memang kelihatan menarik dan memberi semangat jiwa. Coba perhatikan respon dari teman-teman…hampir semua setuju. Sayapun setuju ide untuk memberi kepada orang yang membutuhkan. Namun pelaksanaannya sangat susah karena hal ini mempertaruhkan sikap kita kepada Tuhan. Apakah Gizmo yakin bertanggung jawab atas semua dana yang terkumpul? Banyak hal didunia ini bisa dimanipulasi. Gizmo tahu mereka yang disumpah atas agama dan Tuhan masih tetap melanggar janji. Bagaimana dengan penanganan dana kemanusiaan ini? Jadi maksud saya bahwa ide itu adalah sangat baik tetapi pelaksanaannya tidak dapat dipercaya.

    Comment posted on January 16th, 2008 at 8:26 pm by A Yahoo! User
  41. Hi….
    Menanggapi masukkan dari Faith, saya pribadi sangat setuju bahwa reliability itu memegang peranan penting untuk segala hal, dan saya juga sangat setuju bahwa ini adalah ide yang baik. Kalau Faith scroll up ke postingan saya ini, maka disana faith akan lihat bahwa topik ini saya angkat dengan kesadaran yang sama dengan yang Faith pikirkan, oleh karena itu saya minta masukkan bagaimana supaya ide yang baik ini bisa terlaksana, karena hampir semua dari kita berpendapat bahwa ini ide yang bagus. Dari kami sudah ada ide untuk berpartner dengan lembaga2 lain yang yang memang punya kompetensi melaksakan kegiatan ini, karena kami sendiri sadar bahwa kami tidak punya pengalaman untuk melaksanakan aktifitas ini in terms of banyak hal, termasuk “kepercayaan” yang Faith singgung. Nah, karena kita sudah tau bahwa masalah pelaksanaan akan jadi key words kita, dan kekhawatiran yang Faith angkat itu juga menjadi kekhawatiran kita semua, mungkin akan sangat bermanfaat bilan kita bisa sharing solusi untu hal ini……Gimana menurut anda?

    salam hangat,
    Gizmo

    Comment posted on January 17th, 2008 at 10:29 pm by Yahoo! Indonesia Answers
  42. Sorry baru balik ke blog ini lagi
    Wahana Visi Indonesia berlokasi di Jl Wahid Hasyim No.31A Jakarta 10340
    Telp : 021-390.7818

    Saya sudah secara rutin mendonasi ke sana. Laporan rutin perkembangan anak santun saya selalu datang tepat waktu.

    Comment posted on January 17th, 2008 at 11:48 pm by Arief W
  43. saya pikir ide cemerlang.. cuma pengelolaan dana ini yang perlu di pikirkan.. karena Y/A dunia maya yang rawan dengan pemalsuan/kebohongan

    Comment posted on January 18th, 2008 at 2:13 am by A Yahoo! User
  44. Dear Gizmo, Brothers, & Sisters.
    Dalam tugas saya mengontrol barang dan membuat laporan kepada perusahaan, jujur, semua dikendali saya. Laporan saya selalu akurat dan selalu tepat waktu dengan berbagai macam bentuk cross check. Baik perusahaan dan saya tahu bahwa walaupun demikian tetap kunci ditangan saya. Saya tetap masih dapat membuat laporan yang akurat, tepat waktu, dan memanipulasinya seperti yang saya inginkan. Dimana kelemahannya? Menurut saya, tetap pada system sebagai kunci. Tidak mudah memang menciptakan system yang kebal akan manipulasi dan pencurian data. Bukannya tidak mungkin tetapi mungkin.
    Kembali pada dana kemanusiaan I.Y/A (Indonesia Y/A) , untuk sementara dimana-mana ID adalah data yang dapat dipercaya secara umum sebagai identitas diri seseorang yang diakui secara hukum. Di indonesia kita kenal sebagai K.T.P (Kartu Tanda Penduduk). Tak selamanya memang kita tak perlu tahu siapa yang kita bantu. Namun dalam konteks ini, kita perlu tahu siapa yang kita bantu sebagai bagian dalam system dan tentu kita perlu membawa nama mereka dalam doa.
    Setiap orang yang I.Y/A bantu harus memiliki KTP untuk menerima bantuan. Bekerja sama dengan bank-bank terdekat dengan daerah yang membutuhkan bantuan maka disanalah pencairan dana dilakukan. Jika kantor Bank masih terlalu jauh dengan daerah musibah maka enath kita minta pihak bank untuk membuka kantor sementara di daerah terpencil itu atau kita sediakan transportasi bagi mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak punya KTP atau yang hilang KTP? Kita patut bersyukur karena jika mereka tidak ada KTP maka system kita membantu aparat untuk mengidentifikasi daerah masyarakat yang mengalami bencana. Kalau KTP tak ada maka pihak aparat akan membantu menginditifasi dan membuatkan KTP.
    Dengan kata lain bahwa bank adalah satu media yang terpercaya (atau mereka akan mempertaruhkan nama baik senilai ratusan M atau T hanya karena dana kemanusiaan? bandingkan dengan LSM atau yayasan sosial lainnya.)dalam disiplin untuk membantu pencairan dana kemanusiaan. Dengan data KTP, system keamanan bank, aparat pemerintah (RT, RW, Lurah, Camat, POLRI, TNI…), dan tentu dari pihak IY/A maka saya pikir akan menjauhi dari manipulasi dan pencurian data. Dan lebih menguntungkan lagi bahwa tidak hanya satu bank saja yang memungkinkan membantu system ini. Dengan demikian kita bisa melihatdan menilai dalam kita cross check untuk memberikan laporan.
    Lalu, apakah dana bantuan IY/A hanya dalam bentuk uang? Saya pikir ya. Tidak menutup kemungkinan ada pos sembako namun dalam pengambilan sembako tetap dengan KTP sebagai akses. KTP tak bisa dua (2) kali terdaftar dalam pengambilan dana kemanusian.
    Ya betul, ini hanya salah satu option saja. Dan tidak menutup kemungkinan ada ide yang lebih baik.

    Salam,

    Comment posted on January 18th, 2008 at 3:47 am by A Yahoo! User
  45. Upss, nah kan…ada yang lupa. Kembali bahwa saya juga manusia. Mungkinkah seseorang memaafkan jika dalam system dana kemanusiaan terjadi kelupaan dan ketidak sengajaan? Hahaha, hanya bercanda.

    Saya lupa membicarakan system pengumpulan dana kemanusiaan IY/A. Saya setuju dengan Resa dan beberapa teman. Sebaiknya dana diatas namakan IY/A saja.

    That’s it.

    Comment posted on January 18th, 2008 at 4:01 am by A Yahoo! User
  46. Dear Gizmo, Brothers, & Sisters.
    Dalam tugas saya mengontrol barang dan membuat laporan kepada perusahaan, jujur, semua dikendali saya. Laporan saya selalu akurat dan selalu tepat waktu dengan berbagai macam bentuk cross check. Baik perusahaan dan saya tahu bahwa walaupun demikian tetap kunci ditangan saya. Saya tetap masih dapat membuat laporan yang akurat, tepat waktu, dan memanipulasinya seperti yang saya inginkan. Dimana kelemahannya? Menurut saya, tetap pada system sebagai kunci. Tidak mudah memang menciptakan system yang kebal akan manipulasi dan pencurian data. Bukannya tidak mungkin tetapi mungkin.
    Kembali pada dana kemanusiaan I.Y/A (Indonesia Y/A) , untuk sementara dimana-mana ID adalah data yang dapat dipercaya secara umum sebagai identitas diri seseorang yang diakui secara hukum. Di indonesia kita kenal sebagai K.T.P (Kartu Tanda Penduduk). Tak selamanya memang kita tak perlu tahu siapa yang kita bantu. Namun dalam konteks ini, kita perlu tahu siapa yang kita bantu sebagai bagian dalam system dan tentu kita perlu membawa nama mereka dalam doa.
    Setiap orang yang I.Y/A bantu harus memiliki KTP untuk menerima bantuan. Bekerja sama dengan bank-bank terdekat dengan daerah yang membutuhkan bantuan maka disanalah pencairan dana dilakukan. Jika kantor Bank masih terlalu jauh dengan daerah musibah maka enath kita minta pihak bank untuk membuka kantor sementara di daerah terpencil itu atau kita sediakan transportasi bagi mereka. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak punya KTP atau yang hilang KTP? Kita patut bersyukur karena jika mereka tidak ada KTP maka system kita membantu aparat untuk mengidentifikasi daerah masyarakat yang mengalami bencana. Kalau KTP tak ada maka pihak aparat akan membantu menginditifasi dan membuatkan KTP.
    Dengan kata lain bahwa bank adalah satu media yang terpercaya (atau mereka akan mempertaruhkan nama baik senilai ratusan M atau T hanya karena dana kemanusiaan? bandingkan dengan LSM atau yayasan sosial lainnya.)dalam disiplin untuk membantu pencairan dana kemanusiaan. Dengan data KTP, system keamanan bank, aparat pemerintah (RT, RW, Lurah, Camat, POLRI, TNI…), dan tentu dari pihak IY/A maka saya pikir akan menjauhi dari manipulasi dan pencurian data. Dan lebih menguntungkan lagi bahwa tidak hanya satu bank saja yang memungkinkan membantu system ini. Dengan demikian kita bisa melihatdan menilai dalam kita cross check untuk memberikan laporan.
    Lalu, apakah dana bantuan IY/A hanya dalam bentuk uang? Saya pikir ya. Tidak menutup kemungkinan ada pos sembako namun dalam pengambilan sembako tetap dengan KTP sebagai akses. KTP tak bisa dua (2) kali terdaftar dalam pengambilan dana kemanusian.
    Ya betul, ini hanya salah satu option saja. Dan tidak menutup kemungkinan ada ide yang lebih baik.

    Salam,

    Comment posted on January 18th, 2008 at 4:03 am by A Yahoo! User
  47. bagus seklai idenya…
    karena di indonesia sendiri sudah semakin banyak orang yang dermawan untuk menbantu sesama..
    apalaghi negara ini mempunyai potensi kekayaan alam yg berlimpah, gak ada salahnya kan kl kita beramal demi membantu sesama yang membutuhkan..
    tetapi harus jelas dan transparan dalam pengelolaan dana & disalurkan kemana aja, itu yg perlu.
    agar tidak terjadi manipulasi data agar tidak terjadi kebohongan publik.

    Comment posted on January 18th, 2008 at 7:48 am by Star-Boy
  48. saya cuman menyarankan saja kalau emang enak dan lebih bertambahnya pengalaman bagi pelanggan kenapa tidk………..akan tetapi aku mau tanya sekali aku kirim di yahoo Answers. kok dibawahnya ada tulisan yang bisa dihapus oleh orang lain giman cara mengatasinya

    Comment posted on January 18th, 2008 at 11:03 am by fadillah l
  49. Ok deh aku pasti ngedukung, yang penting niat baik jgn sampe disalahgunakan yah……

    Comment posted on January 20th, 2008 at 5:37 am by -dee-
  50. wiiiiiiih usulan yang bagus dan mulia ,tapi yang namanya niat haruslah dengan tulus suci tanpa embel embel setuju aja tapi yg pastilah jangan di salah gunakan haruslah secara benar -benar di sumbangkan
    ide yang sangat bagus hal ini perlu didukung untuk meringankan saudara-saudara kita yg di timpa musibah untuk bisa bersabar
    atas nama siapa saj pokoknya yg penting jelas dan tidak di salah gunakan ntar kuwalat sendiri…..maaf ya ikutan nimbrung

    Comment posted on January 20th, 2008 at 5:49 am by ms coin
  51. wah sangat se7 sekali dong, tapi harus transaparan dan tepat sasaran.ok

    Comment posted on January 20th, 2008 at 8:38 am by handoko007
  52. saya setuju buanget tp dana langsung disampaikan ke rakyat

    Comment posted on January 21st, 2008 at 12:51 am by A Yahoo! User
  53. aku tak setuju
    Y!A Indonesia menyatu

    jika pingin membantu
    silahkan keluarkan isi saku

    tapi jangan terpaku
    pada komunitas Y!A itu

    sudah banyak lembaga amal-bantu
    tinggal pilih salah satu

    Salam

    Comment posted on January 21st, 2008 at 2:03 am by Toni
  54. Setuju sih. Langkah pertama adalah, bikin semacam proposal mengenai rencana penggunaan dana plus jumlahnya, kemudian disharingkan via website, then ….. berapapun dana yang sudah terkumpul harus ada laporan yang jelas.

    Comment posted on January 21st, 2008 at 8:51 am by Sandra Devi
  55. Alhamdulillah aku sangat setuju!! Luara Biasa…!!!

    Comment posted on January 21st, 2008 at 5:45 pm by A Yahoo! User
  56. DEAL…Itu merupakan suatu usulan yang Sangat Mulia..Sebagai Bangsa yang Bertanggung jawab, maka kita pun harus Mendukung dan Membantu Orang disekitar kita ( Asal Tidak menjadi Batu Sandungan ) dan memang harus Transparan…sekali lagi ini semua adalah merupakan Tanggung Jawab kita sebagai Bangsa Indonesia untuk membantu Bangsa sendiri dengan Tidak membatasinya dengan unsur SARA !..Salut buat Semua..Yakinlah TUHAN akan Membalas-NYA untuk Kita Semua…Amien…..

    Comment posted on January 22nd, 2008 at 7:46 am by A Yahoo! User
  57. ide yang bagus, gue setuju, mudah-mudahan cepat terlaksana aaaaamiin

    Comment posted on January 22nd, 2008 at 7:25 pm by A Yahoo! User
  58. Salam kenal..
    Penggalangan dana melalui Y/A emang ide bagus, karena kadang kita ingin memberikan bantuan namun bingung dimana tempatnya, biasanya kita nyumbang melalui Televisi atau Bank, soalnya kalo nurutku lbh bisa dipercaya, karena mereka transparan dalam memberitakan laporan keuangannya. Semoga ini jadi langkah awal yg baik.

    Tamabahan:
    ini hanya opiniku aja ya, melenceng dari materi.
    Lembaga bantuan untuk bencana alam kan udah banyak ne..kenapa kita gak coba menggalang dana untuk bantuan semacam Pelestarian Alam atau Pendidikan bagi Anak Bangsa atau Pelestarian Budaya Bangsa ?
    Kayaknya Bantuan semacam itu masih belum banyak de, dan psti dibutuhkan lo..:)
    Trims…

    Comment posted on January 23rd, 2008 at 7:46 pm by Pay Soen
  59. Tidak setuju….,di luar sana banyak lembaga2 yang sudah mempunyai fungsi seperti itu.kenapa harus di y!a….,kalau kita mempunyai keinginan utk menyumbang..kita tinggal menyumbang di lembaga yg sudah terpercaya dan terbukti.kenapa hrs repot2 di y!a?,takutnya hal itu menghilangkan jati diri y!a sebagai wadah ilmu pengetahuan,dan kalau semua itu terlaksana apakah di jamin semua itu bisa bersih dari korupsi?,lembaga2 sosial yg didunia nyata saja banyak yg terlibat korupsi,apalagi didunia maya seperti ini?.gizmo gak punya ide yg lain untuk membuat y!a lebih menarik?.

    Comment posted on January 24th, 2008 at 10:14 am by sukarto c
  60. SANGAT SETUJU… tapi pengurusnya juga harus dipilih sungguh2 sehingga dana yang telah terkumpul tidak disalah gunakan. saya doakan hal ini dapat terlaksana.

    Comment posted on January 28th, 2008 at 11:02 pm by Ryan H
  61. Yang Jelas harus ada TRACK yang jelas sehingga bisa tepat sasaran ;)

    Comment posted on January 30th, 2008 at 7:19 pm by Jauhari
  62. bung Gizmo?sudah sampai dimana Anda?

    Comment posted on January 30th, 2008 at 8:34 pm by raihan
  63. setuju bgt tuh usulannya,.. “tanam padi tumbuh padi” –> tanam kebaikan pasti hasilnya kebaikan,….

    Comment posted on January 31st, 2008 at 6:11 am by Look at me
  64. gimana nich jadinya..jadi ngga
    faith….akhirnya kau muncul juga…tetap seperti dulu tulisanmu itu..begitu terbukanya.

    Comment posted on February 2nd, 2008 at 12:58 am by A Yahoo! User
  65. Y!A bisa bekerja sama dengan media elektronik/media cetak yang sudah terbukti akurat , dan jangan lupa aliran dananya di audit oleh accounting public!, itu saja sudah cukup kok

    Comment posted on February 3rd, 2008 at 8:10 am by Stephen lee
  66. Rawan banget… kalo via internet. tapi kalo seperti sistem yang udah jalan, lewat sms misalnya, lebih aman kayaknya

    Comment posted on February 4th, 2008 at 4:16 am by Protoss
  67. SETUJU,
    Tapi ada Proses auditnya ndak?

    Comment posted on February 4th, 2008 at 6:48 pm by wanaguna
  68. Penggalangan dana di negeri ini sudah jadi tradisi.
    Dari sekian juta ide penggalangan dana yg ada tidak lebih dari pengemis-pengemis intelektual. Kalau si penggalang dana hanya menghimbau untuk bermurah hati kepada semua orang.
    Justru model yang demikian yg sering menimbulkan bibit korupsi, karena menejemennya sulit di kontrol oleh si penyumbang.
    Kalau kita punya kemauan tentu mesti punya kemampuan.
    Artinya jangan hanya meminta sumbangan kepada seseorang, tetapi kita si penyelenggara punya sesuatu yang dapat di berikan untuk si penyumbang.
    Contoh:
    Disediaka 100 macam (judul) cd berisi penyegaran rohani (pilih juddul sesui selera)
    Bagi si penyumbang.
    atau apa saja yg bisa bermanfaat bagi si penyumbang.
    Agar kita jangan disebut si pengemis yag murah hati.
    Atau di sebut Makelar pengemis.
    mudah-mudahan bisa di pertimbangkan.

    Comment posted on February 8th, 2008 at 6:32 am by A Yahoo! User
  69. stuju sih pasti,,tp pengawasannya itu loh yang susah…
    sistem n prosedurnya harus jelas…

    Comment posted on February 8th, 2008 at 10:57 am by gimbrut
  70. Wah..its ok brothers.. gw nunggu tindak lanjutnya. Saran: untuk pendistribusian ke daerah atau lokasi bencana, bagusnya menurut hemat gw, kita tunjuk atau wakilkan kepada setiap anggota YA domisili bencana bersangkutan. Dan kalo bisa jangan hanya bencana atau musibah yg dibantu.. kalo bisa bro untuk pendidikan & Kesehatan. Ok good luck!

    Comment posted on February 8th, 2008 at 6:30 pm by beny w
  71. saya setuju asalkan dana yang disumbangkan ketangan orang yang membutuhkan

    Comment posted on February 9th, 2008 at 6:17 am by abhe_abhe0yahoo.com
  72. akur dab………but jangan kayak dpr yang katanya wakil rakyat e..ee..ternyata yang ada hanya kepentingan yang abadi, so artinya ide bagus ini bener2 tanpa tendensi materi and soon…..jadi virgin untuk mereka yang membutuhkan, nah pertanyaane……masih adakah nurani di negeri ini yang demikian ???? dan jawabkupun masih ada sebenarnya, asal mereka belum dibauin yang namanya kepentingan pribadi pun kelompok2nya getu dab……….dan andai kita selalu inget bahwasanya hidup di dunia saat ini hanyalah ujian hidup, dimana hidup yang sesungguhnya adalah ketika ajal ‘lah datang, lulus ujian belajar hidup dunia yah………selamatlah perjalanan sang kalifah berikutnya, demikian kira2 x, nah dimana masih kau dengar orang melantunkan ini yah… Insya Alloh masih ada yang kau cari selama ini, kan begitu ceritanya………jadi dimana itu alamatnya yah……..di-s-a-n-u-b-a-r-i-k-i-t-a-m-a-s-i-n-g-2, bravo dab………see u

    Comment posted on February 9th, 2008 at 7:57 am by hendro l
  73. suer……..lumayan bagus nih usulannya……demi kemanusiaan saya sih setuju aja akan tetapi harus betul – betul tersalurkan sebagaimana mestinya…….jangan cuma kedok doank alias penipuan……

    Comment posted on February 9th, 2008 at 8:46 am by Dewo B
  74. Setuju . . .

    yang namanya niat kami untuk menyumbang . . .
    kok yang lain ni pada mikirin penyaluran dananya ???
    -takut gak benar-benar disumbangkanlah

    kalo niatnya sudah menyumbang, sampai atau tidak…
    niat dari tangan pertamanya adalah tetap menyumbang…
    jadi jangan takut . . .
    ikhlas aja…

    Comment posted on March 28th, 2008 at 7:59 pm by Mr.iezhamovic

Post Comment

required
required, hidden
 


Switch to our mobile site